Cara Menggunakan Autosum di Excel 2007

Pada materi/postingan sebelumnya saya pernah membahas Cara Cepat Membuat Urutan Angka di Excel Tanpa Dragging, pada materi kali ini kita akan mengupas Cara Menggunakan Auto Sum Pada Excel. Ada 2 cara untuk menggunakan AutoSum yaitu Ketika akan menjumlahkan angka kita bisa menggunakan tanda tambah/plus, atau menggunakan rumus SUM, atau kita bisa memanfaatkan fasilitas Excel yaitu Auto SUM.

Auto Sum merupakan fitur pada Excel untuk memudahkan kita dalam menjumlah, yaitu berfungsi untuk menjumlahkan beberapa cell atau banyak sell baik menurun maupun mendatar secara otomati. Prinsipnya  Fungsi menu Auto Sum pada Excel yaitu hampir sama dengan rumus SUM, namun penggunaannya/fungsinya memiliki kelebihan daripada fungsi SUM yaitu lebih praktis karena kita bisa menentukan rangenya secara otomatis dengan ketentuannya tersendiri.

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Baca Juga :
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Baik lebih jelasnya ikuti langkah-langkahnya berikut ini :

Cara 1
Contoh pertama :
  • Menjumlahkan kearah mendatar atau horizontal.
  • Buatlah tabel angka seperti contoh gambar dibawah ini.
cara menggunakan autosum di excel 2007

  • Pada tebel tersebut kita akan menjumlahkan angka-angkanya.
  • Kita block atau select dari cell F1 sampai F10.
  • Klik menu Home >> Group Editing >>> klik  Auto SUM
Contoh Kedua :
  • Menjumlahkan kearah menurun (dari atasi kebawah atau sebaliknya) atau vertical.
  • Kita block atau select dari cell A11 sampai E11.
  • Klik menu Home >> Group Editing >>> klik  Auto SUM
  • Berikut contoh hasilnya.
Cara Menggunakan Autosum di Excel 2007

 CARA 2

Cara kedua kita bisa gunakan sort cut

  • Kita block atau select dari cell A11 sampai E11.
  • kemudian tekan tombol Alt + =
  • Maka hasilnya tampil penjumlahan secara otomomatis.
 Selain untuk penjumlahan kita juga bisa memanfaatkan auto sum yang lainnya seperti.
cara menggunakan autosum di excel 2007
  • AVERAGE digunakan untuk mencari rata-rata
  • Count number digunakna untuk menghitung banyaknya data
  • Max digunakan untuk mencari nilai tertinggi
  • Min digunakan untuk mencari nilai terendah.

Demikian pembahasan 2 Cara Menggunakan Auto Sum Pada Excel, sehingga penjumlahan angka pada Excel lebih praktis, mudah dan lebih cepat.



^_^ Gratis Harus Penuh Perjuangan

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Menggunakan Autosum di Excel 2007"

Berkomentarlah dengan sopan, No Spam