Hallo sobat arroyan. Pada artikel kali ini kita akan lanjutkan belajar Microsoft Excel Level Medium yaitu penggunaan fungsi INDEX dan MATCH.
Pertama kita akan bahas fungsi INDEX
terlebih dahulu supaya tidak terlalu rumit dan mudah untuk dipahami.
Fungsi INDEX hampir sama dengan Vlookup namun lebih kompleks yaitu digunakan untuk menentukan nilai berdasarkan letak baris dan kolom dari rentang data yang ada.
Untuk memperjelas berikut contoh ilustrasinya :
Fungsi Index |
Pada contoh diatas kita akan menentukan nilai index dari baris dan kolom tertentu.
1. Menentukan Index (3,2) baris ke 3 dan kolom 2 >>>> langkahnya pada cell C6 ketikan rumus =INDEX(A1:C4;3;2) hasilnya 8
Ket :
A1:C4 rentang data
;3;2 baris dan kolom
2. Menentukan Index (4,3) baris ke 4 dan kolom 3 >>>> langkahnya pada cell C7 ketikan rumus =INDEX(A1:C4;4;3) hasilnya 12
Berikut contoh hasilnya :
Contoh Hasil Fungsi Index |
Fungsi INDEX untuk mengolah data-data
yang kompleks yang nantinya akan digabungkan dengan fungsi MATCH akan
dibahas pada artikel selanjutnya.
Selamat mencoba semoga bermanfaat.
Tags ::cara belajar microsoft office, belajar microsoft office cepat, belajar komputer microsoft office, belajar microsoft office excel 2010, cara belajar microsoft office word, belajar microsoft office accesse, learning microsoft office 2010, belajar komputer microsoft office 2007, cara belajar microsoft office excel, belajar ms office dasar, e learning microsoft office 2007, belajar microsoft office dasar, belajar microsoft office pdf, cara belajar microsoft office excel 2007, buku belajar microsoft office, belajar microsoft office gratis, tutorial microsoft office 2007 lengkap, tutorial microsoft office word bahasa indonesia, tutorial microsoft office word.
0 Response to "Belajar Fungsi INDEX Pada Excel"
Post a Comment
Berkomentarlah dengan sopan, No Spam